Tips Perawatan Bayi

Untuk ibu yang baru melahirkan dan baru pertama kali (belum berpengalaman) sebaiknya anda harus hati-hati dalam merawat buah hati anda. Pada umumnya orang-orang akan menanyakan cara merawat bayi yang baru lahir dari orang terdekatnya yang sudah berpengalaman, namun disini kami akan berikan pembahasan singkat tentang cara merawat bayi yang baru lahir agar tetap sehat dan mendapatkan pertumbuhan yang baik. Dalam merawat bayi yang baru lahir sebaiknya anda lakukan dengan cara yang baik, benar, khusus, perhatian dan lembut.

Perawatan Bayi

Bagi orang tua yang baru mendapatkan anugrah anak sebaiknya anda perhatikan kebersihan pada si buah hati anda sebab bayi tersebut rentan terkena penyakit. Untuk kebersihan badan bayi itu sangat penting misalnya saja saat si buah hati BAB atau BAK sebaiknya anda langsung membersihkan popoknya dan jangan lupa untuk membersihkan kulit si bayi agar terhindar dari kuman atau bakteri. Selain itu sebaiknya saat memandikan si bayi jangan langsung menggunakan sabun yang umumnya anda gunakan, gantilah sabun tersebut khusus untuk si buah hati agar saat anda memandikannya tidak terkena mata si bayi sehingga tidak berakibat buruk. Namun anda juga harus memberikan shampo dan alat-alat mandi khusus untuk bayi.

Selain itu sebaiknya bagi si ibu saat memberikan ASI kepada si bayi bersihkan dulu alat pemberi asi agar terhindar dari bakteri. Untuk mainan-mainan yang anda berikan pada si bayi juga jangan sembarangan dan juga selalu membersihkan mainan yang sudah digunakan, sebab pada umumnya bayi akan ngempong atau ngemut mainan tersebut. Untuk masalah popok untuk si bayi sebaiknya teliti lagi pada bahan popok tersebut sebab bahan yang kasar akan membuat kulit si bayi iritasi. Untuk menanganinya berikan saja popok yang terbuat dari bahan yang lembut selain itu berikan sarung tangan agar kuku si bayi tidak mencagar kulitnya sendiri. Untuk mengindari bayi mencakar saat tidur sebaiknya bayi tersebut digedong hal ini sangat membantu saat anda tinggal tidur atau anda baru sibuk.

Makanan bayi yang baik

Untuk makanan bagi si bayi sebaiknya berikan dengan bertahap dari tahap awal berupa cairan hingga nantinya seiring pertumbuhannta baru dapat di beri makanan padat. Dalam pemberian makanan cairan berupa ASI sebaiknya lakukan sampai umur 24 bulan secara ekslusif terutama saat bayi baru melahirkan sebaiknya berikan ASI selama 30 menit karena kandungan dalam ASI pertama tersebut sangat tinggi dan untuk setiap harinya berikan ASI sekitar 8-10 kali dalam sehari secara bergantian (kedua payudara).

Perlu diingat dalam pemberian makanan lumat sebaiknya ditunda dulu hingga umurnya 6 bulan ke atas baru dapat di beri makanan tahap ke dua berupa makanan lumat seiring dengan pemberian ASI. Untuk makanan lumat sebaiknya berikan berupa bubur, biskuit (yang sudah dilumatkan), pisang (yang sudah dilumatkan), pepaya (yang sudah dilumatkan). Dalam pemberian makanan lumat sebaiknya jangan langsung banyak sebiknya berikan secara bertahap mulai dari 1 sendok sehari dan seterusnya.
Selanjutnya pada umur 9 bulan ke atas baru bayi anda sudah dapat diberikan makanan padat berupa nasi namun jangan sampai berhenti pemberian ASI tersebut karena sangat penting bagi si bayi. Untuk makanan padat sebaiknya berikan nasi yang berkuah agar si bayi mudah mengunyahnya. Jangan sampai memberikan makanan yang dicampur dengan bahan kimia atau instan sebab dapat berdampak buruk bagi kesehatan sibuah hati. Dan juga jangan berikan makanan dengan berlebihan, berikan saja makanan sampai si bayi sudah tidak mau makan. Jika tiba-tiba sulit makan berikan makan bervariasi atau istilahnya menu makanannya berbeda dengan biasanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s