Obat Mujarab 5 L, Lemah Letih Lesu Loyo dan Letoy

Perasaan letih maupun lesu yang dibiarkan berlarut-larut dapat menjadi awal perkembangan suatu penyakit tertentu.  Tentunya ada kasus letih-lesu yang disebabkan oleh kelainan dalam tubuh.  Kurang lebih 25% dari kasus tersebut disebabkan oleh penyakit yang dapat diobati seperti diabetes, anemia atau kelainan pada kelenjar tiroid. Sisanya adalah hasil gaya hidup.
Perasaan lesu adalah sesuatu yang nyata.  Walaupun dokter tidak bisa menemukan penyebabnya, ini bukan berarti bahwa perasaan lesu tersebut adalah ilusi atau hasil imajinasi semata.  Jika Anda mulai merasa kurang bersemangat, mudah tersinggung dan mudah marah, daya pikir mulai menurun, serta hasil kerja kurang memuaskan, tetapi dokter menyatakan bahwa tidak ada kelainan medis dalam tubuh Anda, maka cobalah anjuran-anjuran berikut.
Oleh karena letih lesu adalah hasil kegiatan fisik, mental atau kedua-duanya, maka relaksasi adalah anjuran yang pertama. Ada dua bentuk relaksasi yaitu aktif dan pasif.  Relaksasi aktif adalah sesuatu yang melibatkan otot-otot dan pikiran secara aktif.  Contohnya: bermain, berkebun, bertukang, dan melakukan hobi-hobi aktif lainnya.  Hal ini baik terutama bagi mereka yang bekerja di kantor dengan segala macam stres yang meletihkan mental.
Relaksasi pasif adalah sesuatu kegiatan yang santai seperti berbaring tenang sambil mendengarkan musik lembut, ataupun tidur total.  Bagi mereka yang banyak berdiri dan berjalan, usahakanlah beristirahat dengan kaki yang terangkat sedikit lebih tinggi daripada pinggul.  Di antara kesibukan di kantor, sekali-kali cobalah lakukan sesuatu yang dapat benar-benar mengalihkan pusat pemikiran pada sesuatu yang berbeda selama lima menit.  Contohnya; memandang keluar jendela, memerhatikan sebatang tumbuhan, mengamati secara mendetail sebuah lukisan, asbak atau pulpen sekalipun. Jika perasaan lesu memang sudah kronis, ambillah cuti dan tinggalkanlah pekerjaan jauh-jauh untuk sementara waktu.

MAKANLAH SECARA TERATUR

Jangan makan terlalu kenyang jika jadwal kerja sangat padat.  Sebab makan yang terlalu banyak akan sangat membebani tubuh dalam mencerna makanan itu.  Pilihlah makanan yang rendah lemak dan rendah kolesterol.  Hindarkan memakan terlalu banyak gula.  Tambahkan buah-buahan dan sayur-sayuran ke dalam menu makanan Anda. Terimalah kenyataan bahwa stres adalah sebagian dari kehidupan yang normal dan jangan tanggulangi stres itu dengan cara yang tidak tepat. 

JAUHI ALKOHOL, KOPI, DAN ROKOK

Sebab, itu bukanlah “obat stres”.  Itu bahkan dapat memperburuk gejala stres.  Para ahli mengatakan bahwa stres yang kecil dapat juga merongrong kualitas hidup sebagaimana yang besar.  Ini disebabkan karena kecil sehingga luput dari perhatian atau dianggap sepele sehingga dengan berjalannya waktu maka stres yang kecil-kecil ini akan menumpuk.  Berbeda dengan stres yang besar.  Stres ini tidak dapat luput dari perhatian sampai akhirnya ditanggulangi.

DAPATKAN DUKUNGAN MORAL MELALUI KLUB ATAU PERKUMPULAN

Bagikanlah beban perasaan kepada seseorang yang dapat dipercayai.  Tinjau kembali hubungan sosial Anda.  Perbaikilah hubungan yang retak, pupuklah hubungan yang ada dan bentuklah persahabatan baru.  Pelajarilah lingkungan kerja dengan seksama lalu sedapat-dapatnya hindarilah sumber stres.  Jika memang tidak bisa dihindari, tanggulangilah stres itu dengan cepat dan tepat.

BERSIKAPLAH BAIK TERHADAP DIRI ANDA JUGA, BUKAN HANYA KEPADA ORANG LAIN

Ada juga orang yang merasa bersalah jika ia berbuat baik kepada dirinya karena merasa seperti mementingkan diri sendiri.  Perbuatan baik sejati kepada orang lain akan dimulai dengan perbuatan baik sejati kepada diri sendiri.  Pernahkah Anda memanjakan diri, bersabar terhadap diri sendiri serta berusaha menolong diri sendiri untuk berkembang sebagaimana Anda lakukan bagi orang lain?
Tidak perlu cari jauh-jauh.  Obat mujarab 5-L itu bisa saja ada di jangkauan Anda. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s