Tips Mengatasi Insomnia; Susah Tidur

Para penderita insomnia bukanlah mereka yang sama sekali tidak bisa tidur.  Mereka adalah orang-orang yang sulit untuk memulai tidur, lalu tidur sebentar, kemudian bangun dan tidak bisa tidur lagi.  Mereka juga sering terbangun pada malam hari.
Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai sebab, antara lain kesehatan tubuh yang terganggu, kegalauan pikiran, dan perubahan irama biologis tubuh, misalnya perubahan jam tidur dan jam kerja.
Para ahli peneliti suasana tidur dan masalah-masalahnya di Johns Hopkins Sleep Disorders Center di Baltimore (AS), New York, menekankan bahwa cara penanggulangan yang paling tepat untuk insomnia adalah dengan mengadakan program terencana lalu memadukannya dengan gaya hidup sehari-hari. 
penyakit insomnia, cara mengobati insomnia, terapi dan tips mengatasi menyembuhkan insomnia

Tips berikut berikut ini adalah beberapa anjuran untuk mengobati insomnia yang barangkali bisa diterapkan dalam keseharian kita. 
  • Telitilah penyebab insomnia yang Anda derita.  Periksakan kesehatan Anda pada dokter jika Anda mencurigai adanya kelainan dalam tubuh Anda.  Jikalau memang pikiran Andalah yang mengganggu, maka sebaiknya selesaikanlah masalah tersebut.  Bukalah isi hati Anda kepada seseorang yang dapat Anda percayai.
  • Indahkanlah irama tubuh Anda.  Catatlah jam-jam tertentu dimana Anda dapat tidur dengan cepat, dan kapan Anda terbangun dari tidur.  Jangan tidur terlalu awal.  Naiklah ke tempat tidur hanya jika Anda benar-benar mengantuk.
  • Buang pil tidur jauh-jauh.  Pil tidur tidak akan menolong dan bahkan akan dapat memperburuk keadaan.  Penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka tiga minggu saja, pil tidur justru akan mengganggu tidur, bukannya menyenyakkan.
  • Usahakanlah agar Anda memiliki waktu istirahat yang rutin. Tubuh adalah sesuatu yang kompleks dan dinamis, yang menjadi medan arus listrik dan kegiatan mekanis, serta dibanjiri oleh lautan zat-zat kimia.  Kegiatan fisik yang terjadi sewaktu Anda sadar berbeda dari sewaktu Anda tidur.  Masing-masing kegiatan ini memiliki pola yang tetap sehingga jadwal tidur yang tidak teratur akan mengacaukan pola kedua kegiatan fisik di atas.
  • Rencanakanlah suatu kegiatan yang aktif dan produktif untuk Anda lakukan sebelum Anda benar-benar mengantuk.  Jangan biarkan tubuh Anda berbaring sengsara di atas tempat tidur.  Cobalah membaca, menulis surat, membuat rencana kerja untuk besok, dan sebagainya.
  • Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan bagi Anda, dan berolahraga dengan cukup dan teratur.  Tetapi jangan lakukan olahraga keras sebelum tidur, ini akan menaikkan suhu tubuh lalu mengganggu tidur Anda.
  • Ubahlah kebiasaan meminum alkohol dan kopi di malam hari.  Kedua-duanya akan mengganggu proses tidur dengan merangsang tubuh Anda.
  • Lawanlah kecenderungan Anda untuk makan malam banyak-banyak.  Sebab, tubuh tidak bisa istirahat sepenuhnya pada waktu lambung dan usus bekerja keras untuk mencerna makanan.  Makanan manis sebelum tidur tidaklah baik.  Susu memiliki kesanggupan untuk membuat orang mengantuk.  Air mandi yang hangat (bukan yang panas) dapat menolong Anda agar lekas mengantuk.
  • Aturlah kamar dan tempat tidur Anda agar menyenangkan untuk ditempati.  Biarkan angin beredar bebas dalam ruang tidur Anda.
  • Serahkan segala kekhawatiran Anda kepada kuasa Ilahi.  Sebab, Dia sanggup menolong Anda dalam menghadapi kesulitan yang bagaimanapun besarnya dan betapapun rumitnya.

Jika semua cara di atas tidak mampu menolong Anda dalam mengalahkan insomnia, boleh jadi kemungkinan bahwa Anda telah tidur lebih dari cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s