Lemah, letih, lesu, loyo dan lelah, Penyebab non medis

istirahat tidur, manfaat istirahat dan rekreasi keluarga mingguan, kebutuhan istirahat tubuh manusia
 
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap manusia memiliki kebutuhannya masing – masing. Apabila mereka sudah berkeluarga, tentu saja kebutuhan yang dihadapi tidak hanya kebutuhan pribadi melainkan juga kebutuhan seluruh keluarga. Untuk menghadapi kondisi tersebut, masing – masing individu harus bekerja guna mendapatkan penghasilan.

Namun apa yang terjadi ketika tubuh tidak mampu melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari – hari karena faktor kelelahan? Tubuh seperti kehilangan tenaga dan tidak mampu berpikir saat kelelahan menghampiri. Lalu bagaimana cara mengatasi kelelahan tersebut sehingga dapat kembali beraktivitas secara optimal ? Jawabannya adalah dengan berusaha mengatasi penyebab dari kelelahan tersebut. Kelelahan dapat terbagi menjadi kelelahan fisik dan mental. Seseorang dengan aktivitas fisik yang berat seperti para pekerja bangunan tentunya dapat mengalami kelelahan fisik akibat penggunaan otot – otot tubuh secara berlebihan sehingga tidak dapat menjalankan pekerjaannya secara optimal. Sementara itu, kelelahan mental dapat didefinisikan sebagai kondisi seseorang yang tidak dapat menghadapi beban pikirannya dengan mengandalkan akal sehat.

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menimbulkan kelelahan :

    Menderita penyakit tertentu atau masalah medis

    Kelelahan seringkali menjadi gejala utama dari penyakit yang disebut anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah atau lebih tepatnya unsur dari pembentuk sel darah merah yang disebut sebagai hemoglobin (Hb). Sebagian besar penyebab anemia di Indonesia adalah kekurangan zat besi yang diperlukan untuk pembentukan Hb. Akibat kekurangan pembentukan Hb maka akan terjadi penurunan kadar  oksigen yang dialirkan ke sel tubuh dan sel otak sehingga menimbulkan gejala- gelaja letih, lesu , cepat lelah serta menurunnya daya tahan tubuh yang menyebabkan rentan terhadap infeksi. Kesemua gejala tersebut tentunya dapat menurunkan produktivitas kerja sebesar 10-20% (WHO). Anemia tidak hanya ditemukan sebagai masalah medis tunggal tetapi juga menjadi bagian dari berbagai penyakit lainnya seperti kencing manis, gagal ginjal dan bahkan kanker. Untuk mengatasi kelelahan pada penderita penyakit – penyakit adalah dengan mengatasi kondisi anemianya baik melalui penerapan pola makan kaya zat besi, asam folat dan B12 atau menambah asupan dengan vitamin yang mengandung zat besi.

    Masalah Gaya Hidup

    Gaya hidup yang mengharuskan seseorang untuk bekerja seharian sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk beristirahat atau bahkan tidur, tidak memiliki cukup waktu untuk makan secara teratur dengan menu yang sehat atau bahkan tidak memiliki waktu sama sekali untuk berolahraga dan berekreasi dapat memicu terjadinya kelelahan baik fisik maupun mental. Cara mengatasinya tentu saja dengan merubah gaya hidup tersebut dan menggantinya dengan gaya hidup yang lebih sehat seperti makan secara teratur dengan menu yang seimbang, menghindari rokok, konsumsi alkohol dan obat- obatan terlarang.

    Masalah Psikologis

    Adapun beberapa masalah psikis seperti tengah mengalami depresi akibat kegagalan, kehilangan, kematian dan sebagainya dapat memicu terutama kelelahan mental dan pada akhirnya juga kelelahan fisik akibat tidak adanya napsu makan yang baik pada mereka yang tengah depresi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membiasakan diri melakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi dan menerapkan pola pikir yang positif dalam menghadapi setiap masalah agar tidak jatuh dalam kondisi depresi.

Kelelahan pada dasarnya merupakan masalah kesehatan yang seringkali dihadapi dan menimbulkan problematik tersendiri berkaitan dengan penurunan produktivitas penderitanya. Namun dengan mengenali penyebab kelelahan tersebut, maka diharapkan setiap kelelahan yang berlangsung dapat diatasi secara dini. LEMAH LETIH LESU LEMAS  LUNGLAI dan LOYO pun tidak lagi masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s