Tips Menghilangkan Bau Mulut

Tips Menghilangkan Bau Mulut Mempunyai masalah dengan nafas tak sedap dan bau mulut memang cukup menjengkelkan.  Apalagi setiap hari tentunya kita harus berhadapan dan berbicara dengan setiap orang. Bau mulut tidak memandang usia, dari anak-anak, remaja hingga orangtua. Ada beberapa faktor penyebab bau mulut diantaranya, kebersihan rongga mulut dan gigi yang kurang  terjaga, penyakit bawaan seperti gusi berdarah, sariawan dan gangguan asam lambung, kurangnya cairan ludah, serta makanan yang diasup seperti bawang, kopi, rokok dan lain-lain.
Menjaga kebersihan rongga mulut untuk mencegah munculnya bau mulut bisa dilakukan dengan cairan kumur dan menggosok gigi secara teratur. Namun hal ini tidak akan bertahan lama, karena hanya akan bertahan beberapa jam saja, apalagi jika Anda yang memiliki masalah bau mulut yang parah. Selain itu jika cairan ludah berkurang,  maka “penyakit” ini akan segera menghinggapi aroma  nafas kita.
Di zaman yang serba instan ini, tentunya kita ingin sesuatu yang praktis dan efektif. Termasuk dalam upaya menghilangkan bau mulut tadi. Tak tepat kiranya jika kita memakai obat kumur atau menggosok gigi pada saat beraktivitas di kantor atau saat belajar di sekolah.

Penyebab  bau mulut

1. Bau mulut muncul karena faktor kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut itu sendiri.
Gigi dan mulut yang kurang bersih faktor pemicu pertama timbulnya nafas tak sedap. Bakteri dan mikroorganisme yang bersembunyi di bawah lidah dan diantara sela-sela gigi akan menimbulkan racun dan bau yang tak sedap. Sariawan maupun gusi yang bengkak juga berpengaruh terhadap aroma nafas kita. Aroma napas tak sedap yang muncul akan lebih menyengat pada mereka yang memiliki masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, plak gigi, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis
Amandel, Tonsil atau amandel juga menyebabkan munculnya bau mulut. Crypst atau lubang di dalam amandel, menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan sehingga menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman.
2. Faktor Asal makanan maupun minuman yang dikonsumsi
Sudah bukan rahasia lagi, bawang putih, durian dan jengkol penyebab bau mulut tak sedap, meski kita sudah menyikat gigi. Hindari kopi dan merokok juga. 
3. Bau mulut karena gangguan organ tubuh dan penyakit tertentu
Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak di tubuh yang menyebabkan bau naga. Bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit seperti infeksi saluran napas, infeksi sinus kronis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis. Mulut kering atau xerostomia juga dapat menyebabkan bau mulut. Ludah diperlukan untuk melembabkan dan menetralkan asam yang diproduksi plak, juga mencuci sel-sel yang mati yang terkumpul di lidah, gusi, dan dagu. Jika tidak dikeluarkan, sel-sel ini akan menyebabkan bau mulut. Mulut kering bisa jadi disebabkan oleh pengobatan tertentu, masalah pada kelenjar ludah atau pengobatan saluran napas yang dilakukan lewat mulut.

Nah dengan membaca beberapa penyebab bau mulut Anda tentu bisa tahu sendiri kan cara menghilangkan bau mulut. Jika memang perlu konsultasikan ke dokter spesialis agar kita lebih tahu secara mendalam, jika bau mulut menyerang nafas kita.

Tips Mengatasi Bau Mulut

Ada beberapa tips yang bisa Saya berikan untuk mengatasi dan mencegah munculnya bau mulut:

  1. Hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti pete, jengkol dll.
  2. Rokok, kopi dan minuman beralkohol juga dapat menyebabkan bau mulut karena merangsang pengeluaran asam lambung secara berlebih, dimana asam lambung itu jelas berbau tidak sedap.
  3. Perbanyak konsumsi makanan, misalnya buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.
  4. Pastikan air liur terus mengalir (berproduksi), misalnya dengan mengunyah permen penyegar mulut.
  5. Yang utama tentu saja, menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi dengan menggosok gigi dengan benar dan teratur. Jika perlu gunakan mouthwash/penyegar mulut anti bakteri setelah menggosok gigi, atau pasta gigi yang memang mengandung mouthwash. 
  6. Jika 5 cara di atas tidak ampuh, ada kemungkinan ada gangguan/penyakit yang menyerang lambung Anda. Segera konsultasikan ke dokter atau tenaga kesehatan untuk mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s