Lapas Cebongan di serang 17 Orang bersenjata, 4 orang tahanan tewas

Sekelompok orang bersenjata mendatangi empat tersangka pengeroyok anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu pagi 23 Maret 2013. Mereka menembaki para tersangka pembunuh anggota Kopassus.

“Sekelompok 17 orang yang tak dikenal mendatangi lapas,” kata Kapolda DIY Brigjen Pol Sabar Raharjo kepada VIVAnews.
Mereka datang sekitar pukul 02.00 dinihari dengan membawa senjata. “Mereka juga mengenakan cadar, penutup kepala,” jelasnya.

Kronologi Penyerangan

Sekelompok orang bersenjata mendatangi empat tersangka pengeroyok anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu pagi 23 Maret 2013. Mereka menembaki para tersangka pembunuh anggota Kopassus.

Empat orang tersangka pembunuh anggota Kopassus, Sertu Heru Santoso, tewas diberondong tembakan belasan orang tak dikenal di dalam selnya di Lapas Cebongan, Sleman, DIY. Kapolda  DIY Brigjen Pol Sabar Raharjo belum mengungkapkan, apakah penyerang ini rekan Sertu heru atau bukan.

Menurut dia,  peristiwa terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. “Saat itu segerombolan orang bersenjata mendatangi Lapas Cebongan,” kata Sabar, Sabtu 23 Maret 2013,

Mereka membagi tugas dengan membuat dua kelompok. Satu kelompok berjaga di luar lapas dan lainnya menghampiri pintu Lapas Cebongan. Mereka mengetuk-ngetuk pintu penjagaan.

Selanjutnya, dengan meghardik petugas jaga, mereka minta ditunjukkan lokasi sel empat tersangka pengeroyokan yang menewaskan Sertu Heru di Hugo’s Cafe pada Selasa 19 Maret 2013 lalu. keempat tersangka itu berinisial DS (Dicky Sahetapi atau Dicky Ambon), DD (Dedi), AL (Ali) dan YD alias Johan
“Sipir tidak bisa berbuat apa-apa dan menunjukkan lokasi sel. Kemudian mereka melakukan eksekusi di lokasi,” kata Sabar.

Untuk menghilangkan jejak aksinya, para pelaku kemudian mempreteli CCTV di lapas tersebut dan dibawa kabur.  “Kemudian pelaku sebanyak 17 orang ini sebelum meninggalkan lokasi membawa CCTV lapas,” kata Kapolda  DIY Brigjen Pol Sabar Raharjo kepada VIVAnews, Sabtu pagi 23 Maret 2013.

Diduga upaya yang dilakukan penyerang ini untuk menghilangkan jejak. Namun, Kapolda belum merinci siapa penyerang, apakah rekan Sertu Heru  dari Markas Kopassus Kandang Menjangan, Kartosuro.

Sabar menuturkan, saat ini Lapas Cebongan Sleman dijaga ketat untuk oleh TKP. “Kami akan mengusut tuntas kasus ini,” katanya.

ivisi Laboratorium dan Forensik Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mengolah tempat kejadian perkara (TKP) penembakan empat tersangka pengeroyok anggota Kopassus di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Sabtu 23 Maret 2013. Keempat tersangka itu tewas di lokasi kejadian.

Pantauan VIVAnews di lokasi, mobil Labfor terparkir di luar Lapas sementara petugas tengah olah TKP di dalam lapas. Beberapa aparat TNI dan Polri bersenjata laras panjang, tampak berjaga-jaga di depan dan sekitar lapas.

Sementara itu, sepanjang 300 meter jalan masuk menuju lapas, dipenuhi mobil-mobil berplat TNI dan Polri. Beberapa pejabat dari dua instansi mendatangi TKP, salah satunya Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda DIY, Kombes Pol Kris Erlangga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s