6 Efek Negatif Rokok Pada Rambut dan Kulit, Masih Mau Merokok?

Merokok masih menjadi kebiasaan dan trend bagi masyarakat perkotaan saat ini, khususnya remaja dan usia dewasa. Padahal selain merusak jantung dan paru-paru, merokok juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi rambut dan kulit.

Sri Balaji Action Medical Institute dibantu dengan konsultan senior dermatologi, dr Nipun Jain, meneliti bagaimana kebiasaan merokok dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

“Merokok dapat merusak rambut dan kulit, serta membuat seseorang terlihat jauh lebih tua. Hal ini disebabkan oleh nikotin dan bahan kimia lainnya masuk ke pembuluh arteri dan menyumbat aliran oksigen serta nutrisi penting ke seluruh tubuh,” imbuh dr Jain.

Berikut 6 efek negatif rokok bagi kesehatan rambut dan kulit, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (24/5/2013):

1. Kulit kendur dan keriput
Bahan kimia yang dilepaskan dari asap tembakau memicu perusakan kolagen dan elastin. Hal ini menyebabkan kulit kendur dan keriput yang sangat jelas.

2. Garis di sekitar bibir
Saat menghisap rokok, otot-otot tertentu di sekitar bibir digunakan dengan cara yang dapat menyebabkan keripu. Ini juga dapat menyebabkan hilangnya elastisitas kulit di sekitar bibir.

3. Bintik-bintik di wajah
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perokok lebih rentan terhadap bintik-bintik pada wajah. Bintik-bintik ini berupa bercak warna kulit lebih gelap yang terdapat pada wajah dan tangan.

4. Perubahan warna kulit
Perubahan ini disebut juga ‘stained finger’. Merokok berlebihan menyebabkan perubahan warna pada kulit, kuku, dan gigi.

5. Rambut rontok
Merokok dapat mempercepat proses penipisan rambut, tidak hanya pada laki-laki maupun juga perempuan. Merokok juga menyumbat arteri yang mengurangi aliran nutrisi bagi tubuh, termasuk ke kepala.

6. Mata keriput
Asap yang berasal dari pembakaran rokok berhubungan dengan munculnya keriput di sekitar mata. Menghirup asap rokok juga dapat merusak struktur kulit dan pembuluh darah di sekitar mata. Perusakan ini disebabkan oleh bahan kimia berbahaya yang dihasilkan oleh rokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s