Isu Heboh Liga Inggris 2013


Liga Inggris (Premier League) musim 2012/13 telah berakhir dengan membuahkan sejumlah drama mengejutkan, yakni Manchester United (MU) menjadi juara, Swansea menyabet trofi Piala Liga, Manchester City gagal mempertahankan gelar juara, dan “The Latics” menelan pil pahit degradasi.

Berikut sepuluh isu terheboh yang mengelilingi ziarah Liga Inggris dalam 380 pertandingan yang digelar sejak 18 Agustus 2012 hingga 19 Mei 2013.

Isu berkisar dari riuh kedatangan Jose Mourinho ke Chelsea sampai drama lagak “sirkus” yang dimainkan Wayne Rooney, sebagaimana dikutip dari situs Guardian.

Pertama, ulah Jose Mourinho kerapkali membuat galau seantero Inggris. Chelsea kini terbelah menjadi dua kubu: mereka yang tidak ingin melihat Mourinho kembali ke klub itu dan mereka yang suka hidup dan dihidupi dengan ulah sirkus manajer asal Portugal itu.

Jika dan hanya jika, ia kembali ke London, maka sejumlah peristiwa menarik bakal menghiasi perjalanan Liga Inggris. Akankah Mourinho kembali mengambil peran nyeleneh yang dapat membuat riuh atmosfer Liga Inggris?

Kedua, spekulasi seputar keberadaan Bale yang nota bene telah mengukir segudang prestasi. “Jika kita ingin memperoleh hasil gemilang di musim mendatang maka kita harus memiliki aset pemain terbaik,” kata manajer Tottenham, Andre Villas-Boas ketika mengomentari peran Gareth Bale.

Pemain ini telah mencetak 21 gol dalam 33 laga di Liga Inggris. Kontribusi Bale membawa Spurs akhirnya finis di posisi kelima.

“Dan ini yang  saya kerap katakan capaian puncak.” Pemilik klub, Danie Levy telah menyodorkan gaji sebesar 200 ribu pound (sekitar Rp2,9 miliar) per pekan untuk membuat Bale tidak pergi dari White Hart Lane. Meski spekulasi kian merebak soal masa depan Bale di musim mendatang.

Ketiga, gunjang-ganjing menerpa kubu City. Akankah kepergian Roberto Mancini memang menjadi solusi dari kebuntuan di City? Penunjukan Manuel Pellegrini terus menjadi santapan bagi spekulasi media massa Inggris.

Kepergian Mancio lebih kurang terdorong oleh reaksi sejumlah pemain yang merasa tidak nyaman. Untuk itu, bergabung atau tidak bergabungnya Pellegrini ke City ke Etihad bakal diselimuti sejumlah ketidakpastian.

Keempat, akankah Arsene Wenger bakal menggelontorkan sejumlah uang untuk mendatangkan para pemain anyar di musim depan? “Kami memang perlu memperkuat diri,” kata Wenger sesudah Arsenal akhirnya finis di tempat keempat.

Ia kemudian mengajukan pertanyaan, “Membelanjakan banyak uang untuk membeli satu pemain, atau membeli banyak pemain?” Masalahnya, masihkah Wenger menaruh kepercayaan kepada barisan pemain yang sekarang ia miliki.

“Kami ingin melakukan penambahan, meski kami ingin tetap mempertahankan susunan, semangat dan kualitas tim,” katanya. Arsenal tercatat sebagai salah satu tim yang telah melampau batas jumlah transfer senilai 20 juta pound. Akankah capaian ini berubah di musim mendatang?

Kelima, di manakan Wayne Rooney? Selamat datang di MU, ucapan yang dilontarkan kepada Moyes. Akankah dan mampukah David Moyes mampu membujuk Rooney untuk tetap tinggal di Old Trafford?

Ada rumor berhembus bahwa Chelsea menyiapkan sejumlah dana untuk mendatangkan striker MU itu ke Stamford Bridge. Akankah Paris Saint-Germain ngotot mendapatkan Rooney?

Keenam, markas Goodison diselimuti ketidakmenentuan. Ditinggal pergi Moyes ke MU, tentu Everton bakal secepat kilat mencari pengganti. Sosok Roberto Martinez digadang-gadang bakal berlabuh ke Goodison Park. Sementara, Moyes ingin menggotong beberapa stafnya dan Marouane Fellaini ke Old Trafford.

Ketujuh, siapa yang kelak menjadi striker termahal dalam sejarah sepak bola Inggris? Nama Andy Caroll mulai banyak disebut-sebut oleh sejumlah media massa Inggris.

Kedelapan, adakah perubahan besar-besaran di jantung Sunderland?

Kesembilan, Paul Lambert sedang berjudi di musim ini. Masa depan Christian Benteke akan menjadi pembicaraan hangat, meski Lambert “menguasai” betul soal sepak terjang pemain ini. Soal ketidakpastian kontrak juga menyendera Andreas Weimann. Perlu ada negoisasi ulang soal para pemain itu memasuki musim depan.

Kesepuluh, masih banyak spekulasi yang merebak soal Suarez. Di mata Liverpool, ternyata rapor Suarez terbilang oke-oke saja. “Ia pemain kami untuk masa sekarang dan masa depan”, meski tidak tertutup kemungkinan ia hengkang dari Liga Inggris.

Fans Liverpool tidak terlalu kehilangan bila memang Suarez tidak bersama klub itu. Tinggal tersisa hitungan hari mengenai masa depan Suarez di Anfield. Dilaporkan bahwa Atletico Madrid menyediakan dana sebanyak 40 juta euro untuk menyodorkan tawaran guna mendatangkan Suarez.    

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s