Jose Mourinhho

Berikut ini data dan fakta Jose Mourinho yang Senin mengumumkan meninggalkan pekerjaannya sebagai pelatih di Real Madrid menuju posisi barunya di kursi pelatih Real Madrid di ujung musim kompetisi ini seperti disiarkan AFP.


Lahir : 26 Januari 1963

Tempat lahir: Setubal, Portugal

Karir pelatih:

Benfica (2000-2001), Uniao Leiria (2001-2002), Porto (2002-2004), Chelsea (2004-2007), Inter Milan (2008-2010), Real Madrid (2010-2013)

Pencapaian

Liga Portugal (2003, 2004 – Porto)

Piala Portugal (2003 – Porto)

Piala UEFA (2003 – Porto)

Liga Champions (2004 – Porto; 2010 – Inter Milan)

Liga Utama Inggris (2005, 2006 – Chelsea)

Piala FA (2007 – Chelsea)

Piala Liga Inggris (2005, 2007 – Chelsea)

Juara Serie A (2009, 2010 – Inter Milan)

Piala Italia (2010 – Inter Milan)

Liga Spanyol (2012 – Real Madrid)

Copa del Rey Spanyol (2011 – Real Madrid)

Piala Super Spanyol (2012 – Real Madrid). 

Kata-kata “emas” Jose Mourinho 


Jose Mourinho akan meninggalkan Real Madrid di penghujung musim ini dan selama ini ia kerap mengeluarkan kata-kata emas.

Berikut ini sebagian dari ungkapan emas yang diutarakan pelatih dari Portugal itu dalam beberapa tahun ini, termasuk apa yang dikatakan orang tentang dia, seperti dilaporkan Reuters.
KETIKA MENJADI PELATIH PORTO :

“Satu hal yang ingin saya katakan, kami adalah tim terbaik saat ini dalam kondisi normal kami lebih bagus dari yang terbaik. Dalam kondisi normal, kami akan menjadi juara. Dalam kondisi tidak normal, kami juga akan menjadi juara.

SETELAH TERPILIH DI CHELSEA :

“Please jangan sebut saya arogan. Saya juara Eropa dan saya kira saya merupakan orang yang amat khusus.”

MENANGGAPI PINDAH DARI PORTO KE CHELSEA :

“Bila saya ingin dilindungi dalam suasana bekerja yang baik, maka saya harus tinggal di Porto. Saya akan menjadi yang kedua, setelah Tuhan, di mata pendukung kami kendati saya tidak pernah memenangi apa pun.

MENDAPAT TEKANAN DALAM PERBURUAN GELAR LIGA UTAMA 2006:

“Bagi saya, tekanan adalah virus flu burung. Saya merasa lebih tertekan bersama angsa di Skotlandia. Itu tidak lucu dan saya lebih takut itu ketimbang sepak bola.

TAKTIK TOTTENHAM HOTSPUR KETIKA IMBANG 0-0 DENGAN CHELSEA :

“Seperti kami sebut di Portugal, mereka membawa bus dan mereka menempatkan bus itu di depan mulut gawang.

KRISIS CEDERA DI CHELSEA:

“Rasanya seperti membawa selimut yang kekecilan di atas tempat tidur. Anda menarik selimut agar bagian atas badan hangat, tetapi di bagian kaki tetap kedinginan. Saya tidak bisa membeli selimut yang lebih besar karena pasar swalayan sudah tutup. Tapi saya tetap menggunakannya karena selimut itu terbuat dari wol halus. Itu bukan selimut biasa.

MERASA ADA MASALAH KEUANGAN PADA AKHIR MASA DI CHELSEA :

“Cara kita bermain amat penting. Tapi ini merupakan omelet dan telur. Tidak ada telur – tidak ada omelet. Ini tergantung atas mutu telurnya. Di pasar swalayan, ada telur kelas satu, kelas dua bahkan kelas tiga dan beberapa di antaranya lebih mahal dari yang lain dan beberapa menyebabkan omelet lebih enak. Jadi, ketika mutu telur kelas satu ada di Waitrose dan Anda tidak bisa pergi ke sana, maka Anda akan mendapatkan masalah.”

KONTEMPLASI FILM TENTANG HIDUPNYA :

“Bila mereka membuat film tentang diri saya, saya kira mereka harus bisa meminta George Clooney untuk memerankan saya. Ia aktor fantastik dan istri saya pun mengaku ia amat ideal.”

DI INTER MILAN:

“Saya amat gembira di Inter. Saya tidak gembira di sepak bola Italia – karena saya tidak suka dan mereka juga tidak menyukai saya. Sederhana saja.”

MENGOMENTARI MANTAN PELATIH CHELSEA CLAUDIO RANIERI :

“Saya belajar bahasa Italia selama lima jam setiap hari dalam beberapa bulan agar dapat berkomunikasi dengan pemain, media dan pendukung. Ranieri sudah lima tahun berada di Inggris tapi masih payah mengucapkan good morning dan good afternoon.”

SETELAH MEMENANGI GELAR JUARA LA LIGA BERSAMA REAL DENGAN REKOR TOTAL POIN :

“Menyukai saya atau tidak, saya merupakan satu-satunya orang di dunia yang memenangi tiga gelar liga penting. Jadi mungkin selain orang memanggil saya Special One, juga harus memanggil saya dengan julukan Only One.”

SEBELUM LAGA SEMI FINAL LIGA CHAMPIONS BERSAMA BARCELONA PADA 2011 :

“Suatu hari, ia (Einstein) mengatakan satu-satunya kekuatan mekanik yang lebih kuat dari katel uap, elektrisiti dan energi atom, adalah kemauan. Apa yang dikatakan Alberto itu bukan ucapan bodoh. Dengan kemauan Anda bisa mencapai segala sesuatu.

SETELAH KEKALAHAN JUARA LIGA CHAMPIONS REAL ATAS BORUSSIA DORTMUND :

“Saya tahu saya amat dicintai di Inggris. Saya pun dicintai pendukung dan media. Mereka memperlakukan saya dengan baik. Mereka memberi pujian ketika kami bagus dan mengkritik di saat kami membutuhkannya. Saya juga disukai klub-klub lain. Di Spanyol berbeda, sebagian orang tidak menyukai saya, sebagian besar Anda di ruangan ini.”

KATA-KATA ORANG LAIN :

PELATIH ARSENAL ARSENE WENGER :

“Ia seperti orang rusak, tidak ada hubungan antara kenyataan dan harapan dan tidak memiliki rasa hormat. Ketika Anda memberi kesuksesan kepada orang bodoh, maka mereka semakin bodoh dan tidak cerdas.”

PELATIH MANCHESTER UNITED ALEX FERGUSON  YANG BARU PENSIUN:

“Ia memiliki segala sesuatunya. Ia memanggil saya boss dan big man bila kami bersulang minum pada laga leg pertama. Sapaannya semakin meyakinkan bila sudah bersulang segelas anggur. Tapi yang ia berikan padaku adalah peluntur cat.”

MANTAN PELATIH LIVERPOOL RAFA BENITEZ :

“Kami bersahabat kental hingga Liverpool mulai menang. Kemudian ia mulai mengubah pikirannya.”

DIREKTUR CATANIA PIETRO LO MONACO :

“Mourinho sederhana saja, merupakan orang yang harus ditampar mulutnya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: