Varises dan tips mencegah parahnya varises

mencegah varises 
Varises, sangat populer di lingkungan masyarakat Indonesia. Bahkan, sering terdengar jadi bahan ejekan antarteman saat betis diketahui membesar.

Nah, ternyata banyak fakta unik tidak hanya sekedar betis besar yang tentunya menganggu estetika betis. Nah berikut fakta terkait varises menurut dr Suhartono SpB(K)V :

– Varises itu Penyakit
Banyak yang beranggapan varises bukan penyakit melainkan gangguan sesuatu estetika di bagian kaki. Padahal, Varises merupakan penyakit yang dipicu pelebaran, pembesaran atau berkelok-keloknya pembuluh vena pada tungkai di dekat kulit.

– Bisa Sebabkan Kematian
Karena penyakit, varises bisa menyebabkan kematian jika tidak diobati dengan baik. Mengapa? Varises yang tidak tertangani segera bisa memunculkan pembekuan yang efeknya bisa mengarah ke jantung atau paru paru. Jika ini menyerang orang bisa mati mendadak.

– Bisa jadi Koreng
Bila tidak ditangani segera bisa makin memberat. Orang dengan varises akan merasakan pegal pada tungkai. Muncul perubahaan kulit dapat berupa bercak kemerahan dan bisa menimbulkan luka.

– Penyakit Turunan
Mempunyai keluarga dengan riwayat varises lebih berrisiko varises. Biasanya baru muncul setelah dewasa dan tidak bisa diprediksi kapan akan muncul penyakit itu.

– Obesitas.
Bisa juga disebabkan obesitas, berdiri atau duduk terlalu lama dan menderita trombosit vena dalam.

Varises dan tips mencegah parahnya varises

Bagi kaum hawa, penampilan sangat penting. Sedapat mungkin, mereka akan menjaga penampilan dengan sebaik-baiknya. Salah satu yang bisa mempengaruhi penampilan adalah munculnya varises.

Varises yang muncul di betis misalnya bisa mengganggu penampilan. Membuat mereka enggan untuk menggunakan rok atau celana pendek.

Berikut adalah sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membantu menghindari atau bahkan mencegah varises yang sudah ada bertambah parah.

1. Hindari berdiri atau duduk dengan posisi sama dalam waktu lama. Pastikan Anda selalu bergerak dan angkat kaki secara berkala.

2. Hindari mandi dengan air panas. Karena hal ini akan membuat pembuluh darah melebar, berpotensi membuat kondisi varises semakin buruk. Sebaliknya, siram kaki dengan air dingin untuk melatih pembuluh darah.

3. Lenturkan kaki bila Anda duduk terlalu lama. Gerakkan kaki secara rutin seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau latihan yoga.

4. Kalau tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga, lakukan latihan berikut ini.

* Berdiri tegak. Berdiri dengan berjinjit. Kemudian istirahatkan bagian tumit ke lantai. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali.

* Angkat kaki kanan dengan lutut mendekati dada dan ujung jari menghadap ke lantai. Lalu secara perlahan turunkan tumit ke lantai. Lakukan untuk kaki kiri. Ulangi latihan ini 1-20 kali.

* Duduk di kursi. Kaki berada di lantai, tangan pada paha atau samping tubuh Anda. Dengan satu kaki atau keduanya, angkat tumit ke atas dengan ujung jari tetap berada di lantai untuk melatih betis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s