TENTANG DAPODIK, NPSN, DAN NISN

Dengan dilakukannya proses matching antara data dapodik, data NPSN, dan data NISN maka kedepan ada beberapa hal penting yang sangat perlu untuk diperhatikan oleh para Operator Sekolah, diantaranya :

1. Kolom-kolom isian data siswa yang ada dan tersedia sumber datanya harus diisi sesuai dengan data yang ada.
2. Data siswa didapodik harus disesuaikan dengan yang tertera pada Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran yang dimiliki siswa, dengan kata lain Sumber Utama penulisan Nama dan Tanggal lahir siswa adalah KK dan Akta Kelahiran.
3. Penulisan data siswa harus dilakukan seteliti dan secermat mungkin, sehingga tidak ada kesalahan input data meskipun hanya satu hurup. Karena dalam sistem digital perbedaan satu hurup saja akan terbaca sebagai data baru atau sebaliknya data tersebut tidak dapat terecord oleh sistem.
4. Tanggal lahir siswa merupakan hal penting dalam pengkodean NISN, maka penulisan tanggal lahir jangan sampai salah. Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran harus dijadikan sebagai sumber utama.
5. Siswa yang sudah mempunyai NISN jangan sampai NISN-nya tidak diinput didapodik, karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya double NISN.
6. OPS harus secara aktif meneliti dan melakukan pengecekan ulang data NISN setiap siswa.
7. Siswa yang mempunyai NISN meragukan yaitu 4 digit angka pertamanya tidak sesuai tahun kelahiran sebaiknya kolom NISN pada dapodiknya dikosongkan, karena ini jelas menunjukkan terjadinya kesalahan penulisan tanggal lahir siswa saat pengajuan NISN. Dengan dikosongkannya kolom dapodik akan terjadi proses insert NISN baru oleh pusat yang sesuai dengan aturan pengkodean NISN.
8. Data NPSN yang harus dimasukan didapodik adalah data NPSN yang ada dalam link refsp.data.kemdikbud.go.id/ref_data/index.php
9. OPS harus melakukan cek ulang data NPSN di link refsp.data.kemdikbud.go.id/ref_data/index.php, bila ada kesalahan atau ketidaksesuaian data sekolah segera melaporkannya ke OP NPSN Kabupaten untuk meminta perbaikan data.

Semoga bermanfaat….
Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s