Solusi NUPTK berbeda dengan nama asli, 1 NUPTK dimiliki 2 PTK

NUPTK atau nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan, mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang yang bergelut di dunia pendidikan, terutama guru, karena semua sumber data guru selalu dikaitkan dengan NUPTK. Tapi apakah semua tahu kepanjangan NUPTK, sebelum membaca posting ini????

Sesuai dengan namanya nomor unik, maka sifat NUPTK harusnya adalah unik. Tidak boleh ada NUPTK yang sama digunakan oleh lebih dari 1 orang, jika NUPTK diakui lebih dari 1 orang sebaiknya namanya diubah saja menjadi ntuptk.

Tapi kenyataan di lapangan memang seperti itu,  banyak sekali guru yang di “madu” oleh NUPTK, baik disadari oleh guru tersebut maupun tidak. Banyak satu nuptk diperebutkan oleh beberapa orang guru dan masing-masing mengklaim bahwa dialah pemilik yang syah atas nuptk tersebut. Sulit memang untuk menyatakan nuptk itu milik siapa, jika tidak ada data pendukung.. untungnya para pencetus nuptk dulu berfikir “cerdas” (walaupun double), sudah memikirkan bagaimana jika hal tersebut terjadi. Ada beberapa field sandingan yang dapat dijadikan bahan verifikasi. Seorang guru bisa dinyatakan sebagai pemilik NUPTK yang syah jika data yang ada di database memiliki data yang sama dengan data guru tersebut, data yang akan disandingkan adalah:

1.  Nama PTK
Nama guru harus sama persis dengan nama nuptk yang ada didatabase. Perbedaan cara penulisan akan menyebabkan nuptk tidak valid, apalagi jika diembel-embeli dengan nama suami atau gelar keagamaan dan gelar pendidikan. Nama NUPTK seyogyanya sama denga nama pada ijazah, tidak mengenal nama keren dan beken. Gelar yang berderet memang membanggakan tetapi pada database terkadang bisa menyulitkan.

2.Tanggal lahir
Tanggal lahir adalah alat pembanding kedua,  kenapa apa harus disandingkan tanggal lahirnya?.. nama pada umumnya banyak yang sama, tapi nama sama dengan tanggal lahir sama dan nuptk sama pasti kecil kemungkinannya. Kecil bukan berarti tidak ada, oleh karena itu perlu alat validasi lainnya.

3. Nama Ibu
Sebagai bahan pembanding lainnya adalah nama ibu, karena biasanya jarang sekali nama ibu sama, nama sama, taggal lahir sama. Jika ada yang seperti itu sudah kita anggap 99% pemilik syah NUPTK.

Sebenarnya dengan ketiga field tersebut saja kitavsudah bisa menentukan pemilik syah nuptk, tapi yang terjadi saat ini adalah tidak demikian, banyak nuptk diakui  oleh dua guru yang memiliki nama yang berbeda, baik beda dengan sangat jelas perbedaanya, maupun beda cara penulisan ejaannya saja.

Untuk yang kasus perbedaan nama yang sangat mencolok mudah cara penyelesaiannya, yaitu cukup cek nuptk pada web browser nuptk,  disana akan ditampilkan siapa pemilik NUPTK yg sebenarnya.
Jika yang keluar adalah nama yang dimaksud dengan data pendukung yang sama dengan orang yang dimaksud, maka NUPTK tersebut bisa digunakan untuk orang tersebut..jika salah satu point diatas tidak sama berarti itu punya orang lain.

Sementara itu untuk kasus yang perbedaan namanya hanya pada cara penulisan dan ejaannya saja akan sulit untuk mengambil keputusan, jika tidak dipakai , kenyataannya itu adalah NUPTK orang yang dimaksud,  tapi saat dipakai NUPTKnya selalu dinyatakan tidak valid.

Untuk mengatasi hal tersebut satu-satunya cara adalah dengan melakukan perbaikan data pada database NUPTK. Perbaikan database NUPTK tidak bisa dilakukan oleh operator sekolah juga tidak bisa dilakukan oleh operator kabupaten/kota.
sumber nazarukompetan.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s