Berkeringat Berlebihan? Bisa Jadi Anda Menderita Penyakit Jantung

Berkeringat merupakan kondisi alami  saat suhu naik tubuh meredakannya, agar tetap nyaman. Keringat yang keluar pun tak terjadi secara tiba-tiba. Ada faktor yang mempengaruhinya, seperti cuaca panas, cemas, atau adanya aktivitas fisik seperti berolahraga.

Namun dalam kondisi tertentu ada beberapa orang yang mengeluarkan keringat tak seperti orang normal. Keringat berlebih dinyatakan tak normal ketika keluar cukup banyak, saat Anda tak beraktifitas fisik dan tak merasa panas. Keringat berlebihan juga bisa menandakan gejala tiga penyakit ini.

1. Jantung
Banyak yang mengatakan keringat berlebih atau hiperhidrosis berhubungan dengan penyakit jantung. Pada orang yang mengalami masalah jantung, hiperdrosis cenderung terjadi di kedua telapak tangan dan kaki. Ini juga kadang disertai dengan nyeri dada yang menyebar ke seluruh tubuh. Mulai dari bahu hingga punggung.

2. Gangguan kelenjar tiroid
Hiperdrosis, seperti dilansir dari BoldSky, juga terjadi karena adanya terjadi kelebihan hormon tiroid.  Saat tubuh kelebihan hormon tiroid, proses pembakaran lemak dalam tubuh juga akan berlebih. Alhasil, produksi keringat akan muncul di kedua telapak tangan dan kaki. Bukan hanya itu, hal ini juga perpengaruh pada penurunan berat badan.

3. Leukimia atau AIDS
Umumnya hiperdrosis juga menjadi tanda beberapa penyakit kronis dan berbahaya, seperti leukimia dan AIDS. Pada orang dewasa atau anak misalnya, umumnya akan berkeringat di malam hari akibat demam. Mereka yang terinfeksi AIDS (sekitar lima tahun kemudian), kondisinya akan menurun, sehingga keringat sering keluar berlebihan di malam hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s